cover
Contact Name
Benni Setiawan
Contact Email
bennisetiawan@uny.ac.id
Phone
+6281578968008
Journal Mail Official
ilkom@uny.ac.id
Editorial Address
Department Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial, Hukum, dań Ilmu Politik Universitas Negeri Yogyakarta Jl. Colombo No. 1 Karangmalang Depok Sleman Yogyakarta
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Lektur, Jurnal Ilmu Komunikasi
ISSN : ""     EISSN : 2988344X     DOI : https://doi.org/10.21831/
Core Subject : Education,
Lektur, Jurnal Ilmu Komunikasi, is academic journal, free of charge. Lektur, Jurnal Ilmu Komunikasi, is an interdisciplinary journal that welcomes contributions coming from and speaking to the many disciplines and approaches that meet at the crossroads that is Communication Studies.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 3 (2021): Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi" : 10 Documents clear
EVALUASI PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DALAM MENINGKATKAN CITRA POSITIF PERUSAHAAN OLEH PT JASA RAHARJA CABANG D. I. YOGYAKARTA dina novelina sutrisno; pratiwi wahyu widiarti
Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 4, No 3 (2021): Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/lektur.v4i3.18533

Abstract

Abstrak            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengevaluasi program Corporate Social Responsibility(CSR) bina lingkungan yang merupakan bagian dari program komunikasi eksternal PT Jasa Raharja Cabang D. I. Yogyakarta dengan menggunakan model evaluasi CIPP. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deksriptif. Objek penelitian adalah program CSR bina lingkungan dengan subjek penelitian yaitu staff bagian CSR yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data adalah wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan Teknik interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PT Jasa Raharja aktif turut serta mendukung program pemerintah melalui program CSR. Evaluasi program CSR bina lingkungan1) Konteks yang terdiri dari latar belakang program atas dasar hukum, tujuan dan tahap perencanaan; 2) Input berupa sumber daya finansial dan ketersediaan SDM yang cukup memadai; 3) Proses meliputi jadwal program, tahap pelaksanaan program, tahap evaluasi dan kendala; 4) Hasil program ini adalah terdapat peningkatan citra yang baik dari masyarakat dan lingkungan sekitar bagi perusahaan.Kata Kunci : corporate social responsibility, CIPP, evaluasi, PT Jasa Raharja Abstract            This research aimed to knowing and evaluate environmental development Corporate Social Responsibility (CSR) program wich is part of the external communication program of PT Jasa Raharja Cabang D. I. Yogyakarta by using the CIPP evaluation model. This research uses a qualitative method with a descriptive approach. The object of research is CSR program environmental development, namely CSR team which was determined by purposive sampling technique. The data collection technique is interviews and documentation. The validity of the data was conducted by triangulation of sources. Data analysis techniques using interactive techniques. The results of this study indicate that PT Jasa Raharja Cabang D. I. Yogyakarta actively participates in supporting government programs through CSR programs. Evaluation of the CSR program environmental development; 1) Context consisting of program background on legal basis, objectivites and planning stage. 2) Input in the form of financial resources and the availability of adequate human resources; 3) The Process includes the program schedule, program implementation phase, evaluation phase and obstacles; 4) The result in this program is that there is an increase in the good image of the community and the surrounding environment for the company.Keywords: corporate social responsibility, evaluation, CIPP, PT Jasa Raharja
PERAN GURU DALAM MENCIPTAKAN LINGKUNGAN CERDAS BERMEDIA PADA SISWA SD MODEL SLEMAN nur indah masita putri; pratiwi wahyu widiarti
Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 4, No 3 (2021): Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/lektur.v4i3.18528

Abstract

Abstrak            Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui peran guru dalam menciptakan lingkungan cerdas bermedia pada siswa SD Model Sleman, (2) mengetahui literasi media yang sudah terbentuk di SD Model Sleman, dan (3) mengetahui dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat guru dalam menciptakan lingkungan cerdas bermedia di SD Model Sleman.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian kepala sekolah, guru kelas, dan tenaga perpustakaan yang dilakukan melalui purposive sampling.  Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur dan studi dokumentasi. Keabsahan data diuji menggunakan Triangulasi sumber dengan membandingkan sumber data yang diperoleh melalui metode wawancara. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian sebagai berikut: 1) Peran guru dalam menciptakan lingkungan cerdas bermedia di SD Model Sleman adalah sebagai pengawas dan fasilitator bagi siswa. 2) Literasi media yang sudah terbentuk di SD Model Sleman dilakukan melalui 3 tahap yaitu a) tahap pembiasaan, dimana guru menggunakan “Lembar Literasi” untuk mengontrol kegiatan siswa, b) tahap pengembangan, dimana ada monitoring dari orang tua dalam kegiatan literasi maupun pembelajaran di sekolah, dan juga apresiasi capaian literasi siswa, c) tahap pengembangan, berupa pemanfaatan perpustakaan dan pojok baca untuk kegiatan literasi. 3) Faktor pendukung, minat siswa yang cukup baik dalam kegiatan literasi, metode pembelajaran dari guru yang bervariasi, kerjasama sekolah dengan pihak luar serta orangtua siswa. Faktor penghambat kebijakan sekolah yang berkaitan dengan waktu pelaksanaan literasi baik baca maupun media yang kurang maksimal, karena kegiatan pembelajaran yang sangat padat serta harus terpenuhinya standar kompetensi siswa mengenai nilai di sekolah.Kata kunci: Peran Guru, Lingkungan Cerdas Bermedia, Literasi Media SD Model SlemanAbstract            This study aims to: (1) determine the teacher's role in creating a media-savvy environment for Sleman Model Elementary School students, (2) determine the media literacy that has been formed in Sleman Model Elementary School, and (3) identify and describe the supporting and inhibiting factors of teachers in creating smart media environment in SD Model Sleman.This research is a descriptive research with a qualitative approach with the subject of research is the principal, class teacher, and library staff conducted through purposive sampling. Data collection techniques used semi-structured interviews and documentation studies. The validity of the data was tested using source triangulation by comparing the data sources obtained through the interview method. Data analysis techniques used include data reduction, data presentation, and drawing conclusions.The results of the study are as follows: 1) The role of the teacher in creating a media-savvy environment at SD Model Sleman is as a supervisor and facilitator for students. 2) Media literacy that has been formed in SD Model Sleman is carried out through 3 stages, namely a) the habituation stage, where the teacher uses the "literacy sheet" to control student activities, b) the development stage, where there is monitoring from parents in literacy and learning activities at the school. schools, as well as appreciation of student literacy achievements, c) the development stage, in the form of using libraries and reading corners for literacy activities. 3) Supporting factors, good student interest in literacy activities, varied teaching methods from teachers, school collaboration with outside parties and parents. The inhibiting factor for school policies related to the implementation time of literacy both reading and media is not optimal, because learning activities are very dense and must meet student competency standards regarding grades in school.Keywords: Teacher's Role, Smart Media Environment, Media Literacy SD Model Sleman
STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN CV. HESEAKU TRAVELING YOGYAKARTA DI SAAT PANDEMI COVID-19 dwiki yudhanto; pratiwi wahyu widiarti
Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 4, No 3 (2021): Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/lektur.v4i3.18534

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk: (1)Mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang di terapkan oleh CV. Heseaku Traveling  di Yogyakarta saat pandemi Covid-19, (2)Mengetahui dampak pemasaran CV. Heseaku Traveling Yogyakarta selama masa pandemi covid – 19.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu Direktur, wakil direktur, staff bagian pemasaran CV Heseaku Traveling Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi.Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, teknik, dan waktu yang kemudian di analisis melalui tahapan reduksi data, peyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Strategi yang dilakukan dengan mengalihkan promosi pemasarannya dari yang sebelumnya melakukan kunjungan di beberapa  instansi, mengalihkan media promosinya melalui sosial media seperti facebook, Instagram, dan google dan menjelaskan secara detail kepada klien melalui aplikasi Zoom. Dampak pandemi covid-19 pada pemasaran CV Heseaku traveling yakni turun nya omset hingga mencapai. 80% dari masa sebelum pandemi covid-19Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Komunikasi Pemasaran, CV Heseaku Traveling, Pandemi Covid-19. Abstract         The aims of the study are : (1) to find out the strategy of marketing communication that is applied by CV Heseaku Traveling in Yogyakarta during the pandemic of covid-19, (2) to know the impact of marketing in CV Heseaku Traveling at Yogyakarta during the covid-19 pandemic.         The study is a descriptive research by using quantitative approach. The subjects of this study are the directur, deputy directur, and marketing staff of CV Heseaku Traveling Yogyakarta. The data collection techniques use observation, interview, and documentation. The inspection techniques of data validity use source triangulation, technique, and time then analyzed by using three steps, that are data reduction, presentation, and verification.        The result of the study shows that : the strategy that is applied by diverting its marketing promotions from previously visiting several agencies, diverting its promotional media through media social such as facebook, instagram, and google, and explain in detail to clients by using Zoom. The affect of covid-19 pandemic on marketing at CV Heseaku Traveling Yogyakarta is the turnover that has decreased to 80% from the period before the pandemic of covid-19.Key Words : Communication strategy, marketing communication, CV Heseaku Traveling, the covid-19 pandemic.
ANALISIS WACANA MATERI SEKSIS KOMIKA DI SHOW STAND-UP COMEDY PEREMPUAN BERHAK 3 jordhie beally korua; pratiwi wahyu widiarti
Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 4, No 3 (2021): Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/lektur.v4i3.18529

Abstract

Abstrak            Show stand-up comedy “Perempuan Berhak” merupakan pertunjukkan stand-up comedy special komika Perempuan. Pertunjukkan ini menarik untuk diteliti, karena para komika membawakan materi realitas permasalahan dari masing-masing komika perempuan. Dalam materi mereka tentu saja terdapat masukan jokes dan ideologi yang ditulis oleh para komikanya. Pertunjukkan ini juga menampilkan lima komika perempuan yang memiiki latar belakang yang berbeda. Agar pembahasan dalam penelitian ini dapat berjalan lebih terarah, maka rumusan masalahnya adalah Bagaimana wacana komedi tentang perempuan dari para komika perempuan dalam pertunjukan “Perempuan Berhak 3” jika dilihat dari analisis wacana model Teun A. Van Dijk? Penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis materi seksis komika di show “Perempuan Berhak 3”. Selain itu, juga untuk mengetahui bagaimana narasi dan faktor para komika membawakan materi seksis dalam show. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis wacana yang dikembangkan oleh Teun A. Van Dijk. Analisis wacana Van Dijk ini memiliki tiga dimensi yang menjadi objek penelitiannya, yaitu dimensi teks, kognisi sosial dan juga konteks sosial. Dimensi teks yaitu susunan struktur dalam teks materi para komika. Kognisi sosial adalah pandangan, pemahaman serta kesadaran mental komika dalam penulisan materi. Sedangkan konteks sosial merupakan pengetahuan mengenai situasi yang berkembang di masyarakat yang berkenan dalam suatu wacana. Jika dianalisa, secara garis besar para komika dalam show “Perempuan Berhak 3” masih memakai materi seksis dalam setlist materinya namun alasan diibalik itu berbeda-beda. Diantaranya untuk membela hak-hak perempuan, melawan pelecehan seksual maupun sekedar pelampiasan diri diatas panggung.Kata junci : Stand-up comedy, perempuan berhak, humor seksis Abstract            The stand-up comedy show "Perempuan Berhak 3" is a stand-up comedy special for Perempuan's comedy show. This show is interesting to research, because the comics bring material on the reality of the problems of each female comic. In their material, of course, there are input on jokes and ideology written by the comics. This show also features five female comics who have different backgrounds. In order for the discussion in this research to be more focused, the formulation of the problem is How is the comedy discourse about women from female comics in the show "Perempuan Berhak 3" when viewed from the discourse analysis of Teun A. Van Dijk's  model?  This  study also  aims  to  analyze the sexist  material  of  comics  in  the show "Perempuan Berhak 3". In addition, it is also to find out how the narrative and factors of the comics present sexist material in the show. This study uses a qualitative approach with discourse analysis methods developed by Teun A. Van Dijk. Van Dijk's discourse analysis has three dimensions which are the object of his research, namely the dimensions of text, social cognition and social context. The text dimension is the structure arrangement in the text material for the comics. Social cognition is the view, understanding and mental awareness of komika in writing material. Meanwhile, the social context is knowledge about the situation developing in society which is pleasing to a discourse. If analyzed, broadly speaking, the comics in the show "Perempuan Berhak 3" still use sexist material in their material setlist, but the reasons behind this vary. Among them are to defend women's rights, against sexual harassment and just to release oneself on stage.Key words: Stand-up comedy, Perempuan, sexist joke
FENOMENA NEW SOCIAL MOVEMENT MELALUI MEDIA SOSIAL (ANALISIS WACANA KRITIS KONTEN GUGATAN ISU GENDER DALAM TAGAR #SAHKANRUUPKS DI INSTAGRAM) fitri adinda rizky
Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 4, No 3 (2021): Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/lektur.v4i3.18535

Abstract

Abstrak            Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana konten-konten dalam tagar #sahkanRUUPKS di media sosial instagram menjadi sebuah gerakan untuk menggugat wacana politis. RUU PKS adalah Rancangan Undang-Undang Penghapusan Kekerasan Seksual. Peneliti menggunakan teori analisis wacana kritis yang terdiri dari seleksi dan interpretasi. Adapun objek dari penelitian ini adalah lima konten dalam tagar #sahkanRUUPKS di media sosial instagram yang telah diseleksi karena memiliki daya tarik tinggi dan mewakili seluruh akun yang terlibat dalam tagar #sahkanRUUPKS. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis dokumen pada konten-konten yang telah dipilih pada tagar #sahkanRUUPKS di media sosial instagram yang kemudian dianalisis menggunakan analisis wacana kritis. Dengan menggunakan teknik analisis kritis diperoleh 5 konten dari 5 akun dari 3 kategori yang dapat mewakili seluruh konten yakni konten oleh public figure, kelompok/komunitas dalam masyarakat, dan individu yang terlibat dalam gerakan #sahkanRUUPKS. Untuk validitas data diuji melalui teknik triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten-konten dalam tagar #sahkanRUUPKS memanfaatkan fitur tagar dan kebebasan berekspresi di instagram untuk menjadi bagian atau anggota dari new social movement di media sosial. Konten-konten ini tidak memiliki pengembangan wacana lain selain memang ingin mengangkat wacana tentang keadilan gender berupa kekerasan seksual dan isu tentang RUU PKS serta memiliki satu tujuan yakni ingin RUU PKS disahkan oleh pemerintah. Namun diharapkan penelitian ini lebih lanjut dengan melakukan wawancara untuk mengonfirmasi pengembangan wacana yang lebih akurat.Kata kunci: new social movement, penghapusan kekerasan seksual, konten, media Abstract               This study aims to describe how the content in the hashtag #sahkanRUUPKS on social media Instagram has become a movement to challenge political discourse. RUU PKS is the Draft Law on the Elimination of Sexual Violence. The researcher uses critical discourse analysis theory which consists of selection and interpretation. The objects of this research are five content in the hashtag #sahanRUUPKS on social media Instagram which has been selected because it has high appeal and represents all accounts involved in the hashtag #sahkanRUUPKS. The research method used is descriptive qualitative method. The data collection technique in this study uses the document analysis method on the selected content on the hashtag #sahkanRUUPKS on social media Instagram which is then analyzed using critical discourse analysis. By using critical analysis techniques, 5 content from 5 accounts from 3 categories can represent all content, namely content by public figures, groups/communities in society, and individuals involved in the #sahkanRUUPKS movement. The validity of the data was tested through the data source triangulation technique. The results show that the content in the hashtag #sahkanRUUPKS utilizes the hashtag feature and freedom of expression on Instagram to become a part or member of the new social movement on social media. These contents have no other discourse development besides wanting to raise discourses on gender justice in the form of sexual violence and the issue of the PKS Bill and have one goal, namely to want the PKS Bill to be ratified by the government. However, it is hoped that this research will be carried out further by conducting interviews to confirm the development of a more accurate discourse.Keywords: new social movement, sexual violence abolition, content, media
STRATEGI PUBLIC RELATIONS PT ANGKASA PURA I (PERSERO) BANDARA INTERNASIONAL ADISUTJIPTO DALAM MANAJEMEN KRISIS PANDEMI COVID-19 alifia dewi nurdiana; pratiwi wahyu widiarti
Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 4, No 3 (2021): Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/lektur.v4i3.18530

Abstract

Abstrak          Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi manajemen krisis Pandemi Covid-19 yang dilakukan oleh public relations PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Adisutjipto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitin ini menunjukkan : 1) Langkah-langkah yang dilakukan PR untuk mengelola krisis adalah dengan mengidentifikasi krisis, menganalisis krisis, mengisolasi krisis lalu memilh strategi (2) Strategi manajemen krisis yang dipilih PR adalah strategi adaptif (3) PR memiliki tim manajemen krisis dan strategi komunikasi krisis untuk merespon krisis dengan cepat (4) Krisis Pandemi Covid-19 yang dialami PT Angkasa Pura I (Pesero) Bandara Internasional Adisutjipto berada pada tahap cronic. Kata kunci : Public Relations, PT Angkasa Pura I, Strategi Manajemen Krisis Abstract            This research aims to determine the Covid-19 crisis management strategy implemented by the public relations department at PT Angkasa Pura I (Persero) Adisutjipto International Airport. The study used a qualitative approach with interview and documentation data collection techniques. The result showed : : (1) The steps taken by PR to manage the crisis are to identify the crisis, analyze the crisis, isolate the crisis and then choose a strategy (2) The crisis management strategy chosen by PR is adaptive strategy. (3) PR has a crisis management team and a crisis communication strategy to respond quickly to crises (4) The Covid-19 experienced by PT Angkasa Pura I Crisis (Persero) Adisutjipto International Airport is in the cronic stage.Keyword: Public Relations, PT Angkasa Pura I, Crisis Management Strategy
STRATEGI KOMUNIKASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DALAM MENINGKATKAN CITRA PERUSAHAAN PT ANGKASA PURA I YOGYAKARTA (Studi Kasus CSR Public Restroom Hutan Pinus Pengger) nadhifa khansa; pratiwi wahyu widiarti
Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 4, No 3 (2021): Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/lektur.v4i3.18536

Abstract

Abstrak            Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi komunikasi PT Angkasa Pura I Yogyakarta dalam program Corporate Social Resposibility Public Restroom di kawasan wisata Hutan Pinus Pengger Dlingo Bantul Yogyakarta. Program Corporate Social Responsibility ini dibuat oleh PT Angkasa Pura sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap lingkungan dan sosial.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini di laksanakan di kantor PT Angkasa Pura I (Persero)Yogyakarta International Airport, Sidorejo, Glagah, Kec. Temon, Kabupaten Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta. Sumber data didapat dari hasil wawancara mendalam dengan penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling sehingga terpilihlah dua informan utama yakni, Pegawai Bagian Humas dan Corporate Social Responsibility PT Angkasa Pura I Yogyakarta, serta dua informan pendukung yang merupakan pengurus Wisata Hutan Pinus Pengger, Dlingo, Bantul. Uji keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif yang mencakup reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi komunikasi PT Angkasa Pura I Yogyakarta dalam program Corporate Social Responsibility Public Restroom Hutan Pinus Pengger dalam meningkatkan citra perusahaan mencakup memilih dan menetapkan komunikator, menetapkan target sasaran, teknik menyusun pesan, memilih media komunikasi, produksi media, uji awal materi komunikasi, penyebarluasan media komunikasi, menganalisis efek komunikasi, memobilisasi kelompok berpengaruh, penetapan rencana anggaran, penyusunan jadwal kegiatan, penetapan tim kerja dan proses evaluasi komunikasi. Untuk menunjang proses strategi komunikasi, PT Ankasa Pura I Yogyakarta juga menerapkan peran Humas sebagai manajemen meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengkomunikasian, pengawasan dan penilaian.Kata kunci : Strategi Komunikasi, Humas, PT Angkasa Pura I Yogyakarta, Public Restroom Hutan Pinus Pengger Yogyakarta Abstract       This study aimed to analyze the communication strategy of PT Angkasa Pura I Yogyakarta in the program of Corporate Social Responsibility (CSR) Public Restroom in the Pinus Pengger Forest tourist area, Dlingo, Bantul, Yogyakarta. PT Angkasa Pura designed this Corporate Social Responsibility program as a form of social and environmental corporate responsibility. This study utilized a qualitative approach with a descriptive method. This study was carried out at the office of PT Angkasa Pura I (Persero) Yogyakarta International Airport, Sidorejo, Glagah, Kec. Temon, Kulon Progo Regency, Special Region of Yogyakarta. Data sources were obtained from in-depth interviews with two main informants as samples chosen by using the purposive sampling technique: the public relations department officer and the officer of Corporate Social Responsibility Department, PT Angkasa Pura I Yogyakarta. The main samples were also supported by two administrators of Pinus Pengger Forest Tourism, Dlingo, Bantul. Data source triangulation was used to test the validity of the data. The data analysis approach included data reduction, data display and data verification.  According to the findings of this study, PT Angkasa Pura I Yogyakarta's communication strategy in the Corporate Social Responsibility Public Restroom of Hutan Pinus Pengger in improving the company's image included selecting and assigning communicators, setting targets, techniques for compiling messages, choosing communication media, media production, initial testing of communication materials, dissemination of communication media, analyzing communication effects, mobilizing influential groups, setting budget plans, preparing activity schedules, determining work teams and evaluating communication processes. PT Ankasa Pura I Yogyakarta also used Public Relations as management to assist the communication strategy process, including planning, organizing, communicating, monitoring, and evaluating.Keywords: Communication Strategy, Public Relation, PT Angkasa Pura I Yogyakarta, Public Restroom of Pinus Pengger Forest Yogyakarta
STRATEGI KOMUNIKASI BIDANG INFORMASI DAN KOMUNIKASI PUBLIK DISKOMINFO GUNUNGKIDUL DALAM MERAIH PRESTASI DI MASA PANDEMI COVID-19 tianfe putri khatami
Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 4, No 3 (2021): Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/lektur.v4i3.18531

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) strategi komunikasi Bidang IKP Diskominfo Gunungkidul dalam melaksanakan tugas organisasi terkait pengelolaan pengaduan pelayanan publik sehingga dapat meraih prestasi di masa pandemi COVID-19, dan 2) mengetahui aspek pendukung dan penghambat keberhasilan strategi komunikasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Adapun penentuan informan menggunakan teknik purposive-judgment sampling. Pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi sumber. Analisis data melalui tahap reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), serta penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion drawing and verification). Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi Bidang IKP Diskominfo Gunungkidul dilakukan melalui lima tahapan, yaitu tahapan penelitian (research), tahapan perencanaan (plan), tahapan pelaksanaan (execute), tahapan evaluasi (measure), dan tahapan pelaporan (report). Aspek pendukung strategi komunikasi yaitu regulasi kebijakan pemerintah, pengembangan SDM, sarana prasarana, media penyebarluasan informasi, dan digitalisasi di masa pandemi COVID-19. Sedangkan aspek penghambat strategi komunikasi yaitu kompleksitas layanan e-Lapor, misunderstanding dan leveling dalam struktur pemerintahan, serta perbedaan latar belakang masyarakat Gunungkidul.Kata kunci: strategi komunikasi, prestasi, e-Lapor, pandemi COVID-19AbstractThis study aims to determine: 1) the communication strategy of IKP Diskominfo Gunungkidul Sector in carrying out organizational tasks related to managing public service complaints that can achieve achievements during the COVID-19 pandemic, 2) supporting aspects and inhibitions of the successful of the communication strategy. This study uses a qualitative approach with a descriptive method. Data collection by interview and documentation. The determination of informants using purposive-judgment sampling technique. Checking the validity of the data by triangulation of sources. Data analysis through the stages of data reduction, data display, conclusion drawing and verification. The results showed that communication strategy the Field of Information and Public Communication Diskominfo Gunungkidul was conducted through five stages, namely  stage of research, planning stage, execution stage, evaluation stage (measure), and reporting stage. Supporting aspects of communication strategies, namely government policy regulation, human resources development, infrastructure, information dissemination media, and digitalization during the COVID-19 pandemic. While the aspects of communication strategy inhibition are the complexity of e-Lapor services, misunderstanding and leveling in the government structure, as well as differences in the background of gunungkidul people.Keywords: communication strategy, achievements, e-Lapor, COVID-19 pandemic
STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DAZZLE DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @PROMODAZZLE auni candra trianaputri
Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 4, No 3 (2021): Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/lektur.v4i3.18532

Abstract

Abstrak Penelitian ini untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran Dazzle dalam meningkatkan brand awareness melalui media sosial Instagram @promodazzle. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan teknik  wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini dipilih secara purposive sampling yaitu manager Dazzle dan manager marketing Dazzle. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran Dazzle sesuai dengan Mix Marketing 7P oleh Kotler dan keller; Strategi yang Dazzle digunakan adalah 1) copywriter yang straight dan mudah dipahami, 2) visual yang jelas dan straight forward. Konten yang didominasi dengan konten hard selling, namun tetap terdapat konten lainnya yaitu konten lucu/meme dan konten informasi, 3) promo dan giveaway rutin, 4) hypnoselling juga disisipkan di setiap kontennya, 5) Brand Communication melalui logo khas Dazzle 6) Menentukan segmentasi pasar untuk mengetahui target pasar 7) Harga murah, produk berkualitas dan bergaransi, 8) Dazzle menggunakan sistem penetapan harga cross selling atau subsidi silang, 9) word of mouth sangat mempengaruhi brand awareness di awal pembuatan Instagram @promoazzle, 10) Mengadakan UMKM dan Seminar di kampus-kampus merupakan salah satu strategi untuk meningkatkan brand awareness Dazzle.Kata Kunci : Komunikasi Pemasaran, Instagram, Dazzle, Brand Awareness Abstract           The goal of the research is to determine the strategy for communication marketing to increase brand awareness on the social media Instagram account of @promodazzle. This research uses qualitative methods with a descriptive approach. The data collection of this research were interview and documentation techniques. The research subjects were selected by purposive sampling there are Dazzle Manager and Dazzle marketing manager. The results showed that Dazzle uses a marketing communication strategy in accordance with the 7P Mix Marketing theory by Kotler and Keller. The strategy that Dazzle uses 1) Straight copywriter and easy to understand, 2) Had a clear visual and also straight forward. The content’s dominated by hard selling content, but still had another content like funny content and informational content, 3) Promos and giveaway routine program, 4) Hypnoselling also inserted in each content 5) brand communication through dazzle characteristic logo 6) Determining market segmentation is very important 7) Low prices, quality products and guarantees, 8) Dazzle uses cross selling pricing system, 9) word of mouth greatly influenced brand awareness at  the beginning of Instagram @promodazzle, 10) MSMEs (Micro, Small and Medium Enterprises) and seminars on campuses is the one strategy to increase brand awareness of Dazzle.Keyword: Marketing Communication, Instagram, Dazzle, Brand Awareness
REPRESENTASI IDENTITAS HOMOEROTISME DI MEDIA SOSIAL (STUDI NETNOGRAFI PADA YAOI ROLEPLAY VIA MEDIA SOSIAL LINE) Arni Arta Rahayu; Pratiwi Wahyu Widiarti
Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 4, No 3 (2021): Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/lektur.v4i3.18527

Abstract

 Heteronormativitas diakui dalam norma sebagai sebuah seksualitas yang normal. Homoseksual yang merupakan antitesis dari heteronormatifitas menjadi terbatas di dalam ruang publik. Media sosial kemudian menjadi lahan baru bagi homoseksual untuk berekspresi dan merepresentasikan diri. Penelitian mengenai  Representasi Identitas Homoerotisme di Media Sosial (Studi Netnografi pada Yaoi Roleplay via Media Sosial Line) merupakan penelitian yang mengeksplorasi representasi identitas homoerotisme di dalam permainan roleplaying via media sosial Line. Penelitian mengenai identitas yaoi roleplayer dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan metode netnografi atau etnografi virtual. Dalam melakukan penelitian netnografi ini, peneliti turut menjadi subjek dengan menjadi salah satu pemain roleplay di media sosial Line. Dalam penelitian ini, diketahui bahwa yaoi roleplay memanfaatkan fitur Line untuk merepresentasikan identitasnya secara lebih terbuka. Dalam interaksi dalam roleplaying, fitur Line digunakan untuk mengidentifikasikan perannya dalam sebuah hubungan homoseksual.Kata Kunci : Yaoi Roleplayer, Identitas Homoerotis, Representasi, Line, Performativitas AbstractHeteronormativity is claimed as a legal norm about sexuality. As the antithesis of that norms, homosexuality being restricted.Then, social media becomes new place for their freedom. Research about Homoerotic Identity Representation in Social Media (Netnographic Study on Yaoi Roleplay via Social Media Line) is a study that explores homoerotic identity representation in roleplaying games via Line social media.   Research on the identity of yaoi roleplayers is carried out using a qualitative approach and netnographic or virtual ethnography methods. In conducting this netnographic research, the researcher also became the subject by being one of the roleplay players on Line's social media. As the result of this research, known that yaoi roleplay utilizes the Line feature to represent its identity more openly. In interactions in roleplaying, the Line feature is used to identify its role in a homosexual relationship.Keyword: Yaoi Roleplayer, Line, Identity of Homoerotism, Representation, Gender Performatifity

Page 1 of 1 | Total Record : 10